Tujuan Pendidikan dari Setiap Mata Pelajaran
Lowongan Kerja dan Peluang Usaha di bidang IT menanti keterampilan anda sebagai ahli teknisi komputer. Jadilah Teknisi Komputer Professional dengan memiliki Panduan Teknsisi Komputer Terlengkap dari Toko Ebook Online Terpercaya. Ayo gabung bersama Qbonk Media Group DI SINI.
Tujuan Pendidikan Setiap Mata Pelajaran ini merupakan rangkuman dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Semoga bisa memberikan manfaat bagi anda yang sedang mencari referensi-referensi seputar dunia pendidikan, khususnya yang berkaitan dengan Tujuan Pendidikan.
1. Pendidikan Agama Islam (PAI)
a. Menumbuh kembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT.
b. Mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
2. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
a. Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan.
b. Berpartisipasi secara aktif dan bertanggungjawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti korupsi
c. Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa –bangsa lainnya.
d. Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
3. Bahasa Indonesia
a. Berkomunikasi secara efektif dan efesiensi sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
b. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.
c. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
d. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
e. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
f. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia .
4. Matematika
a. Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau logaritma secara luwes, akurat, efesien, dan tepat dalam pemecahan masalah.
b. Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
c. Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
d. Mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.
e. Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.
5. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
a. Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya.
b. Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
c. Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif dan kesadaran tentang adanya hubungn yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat
d. Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan.
e. Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam.
f. Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan.
g. Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs
6. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
a. Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungan
b. Memiliki kemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
c. Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.
d. Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk di tingkat lokal, nasional dan global.
7. Seni Budaya dan Keterampilan (SBK)
a. Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan
b. Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan
c. Menampilkan kreativitas melalui seni budaya dan keterampilan
d. Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global.
8. Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan (Penjasorkes)
a. Mengembangkan keterampilan pengolahan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih.
b. Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
c. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar.
d. Meletakan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung didalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.
e. Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis.
f. Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
g. Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga dilingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dankebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif.
9. Muatan Lokal Bahasa Jawa
a. Memupuk kemampuan berbahasa Jawa.
b. Meningkatkan kepekaan dan penghayatan terhadap karya sastra jawa.
c. Melestarikan dan mengembangkan budaya Jawa sebagai salah satu pilar Budaya Nasional.
10. Muatan Lokal Bahasa Inggris
a. Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan secara terbatas untuk mengiring tindakan (langguage accempaying action) dalam konteks sekolah.
b. Memiliki kesadaran tentang hakikat pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global.
11. Muatan Sekolah Seni Janur
a. Memberi bekal pengetahuan kepada siswa sadar dan peduli terhadap lingkungannya.
b. Memberi bekal pengetahuan kepada siswa, bahwa kesenian merangkai janur yang didasari pengetahuan dapat memajukan/meingkatkan keterampilan dan meningkatkan usaha dibidang ekonomi.
12. Pendidikan Kecakapan Hidup
a. Memberi bekal kepada siswa tentang pentingnya kecakapan pribadi dan sosial.
b. Memberi bekal pengetahuan kepada siswa, tentang kecakapan akademik atau vokasional yang dapat digunakan untuk kepentingan masa depan.
c. Pendidikan kecakapan hidup merupakan bagian integral dari semua mata pelajaran.
13. Pendidikan Berbasis Keunggulan
a. Memahami pentingnya menguasai teknologi dalam kehidupan globalisasi.
b. Menampilkan sikap apresiasi terhadap Teknologi Informasi Komputer.
c. Menampilkan kretivitas dengan menggunakan sarana Teknologi Informasi dan Komputer.
d. Menampilkan peran serta dalam perkembangan Teknologi Informasi Komputer.
14. Kegiatan Pengembangan Diri (Pramuka)
a. Membentuk manusia Indonesia yang berkepribadian baik, berwatak luhur, tinggi mental dan moral, kuat beragamanya, cerdas dan tangkas, sehat jasmani dan rohaninya.
b. Membentuk warga negara yang berpancasila, setia dan patuh pada Negara Kesatuan Repoblik Indonesia , sanggup dan mampu menyelenggarakan pembangunan bangsa dan negara.
15. Pengembangan Diri (Kesenian)
a. Memahami konsep dan pentingnya seni budaya.
b. Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya.
c. Menampilkan kretivitas melalui seni budaya.
d. Menampilkan peran serta dalam seni budaya.
16. Bimbingan Konseling
a. Membiasakan berperilaku dan bertutur kata yang sopan.
b. Meningkatkan semangat belajar.
c. Mengetahui kelemahan dan kekurangannya, sehingga dapat dicarikan solusi agar proses dan hasil pembelajaran meningkat.
d. Menyadari potensi yang ada pada diri siswa sehingga dapat dikembangkan secara optimal.
nice share bro.
BalasHapussaya bahkan belum berpikir sejauh itu. dulu kalau masih sekolah sd saya tidak banyak tahu apa maksud dari mata pelajaran yang diajarkan pada kami. :D