Bisnis Affiliasi Gratis dan Jenis-Jenisnya

Lowongan Kerja dan Peluang Usaha di bidang IT menanti keterampilan anda sebagai ahli teknisi komputer. Jadilah Teknisi Komputer Professional dengan memiliki Panduan Teknsisi Komputer Terlengkap dari Toko Ebook Online Terpercaya. Ayo gabung bersama Qbonk Media Group DI SINI.
Bisnis Affiliasi Gratis – sekarang keyword terkenal mencoba menyentuh dunia bisnis online nih. Dan sebagai langkah awal dalam mengulas tentang bisnis online, bisnis affiliasi gratis adalah artikel pertama yang saya suguhkan untuk para pembaca blog keyword terkanal.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang bisnis affiliasi gratis, kita kenalan dulu dengan yang namanya bisnis affiliasi. Apa sih bisnis affiliasi itu?

Bisnis Affiliasi adalah kita mempromosikan produk atau layanan milik orang lain, dan apabila terjadi transaksi sesuai dengan aturan yang disepakati, maka kita akan mendapat komisi. Komisinyapun berbeda-beda sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh pengelola. Janis produk yang dijual juga beraneka macam rupa, tapi kebanyakan adalah produk-produk digital.

Bisnis Affiliasi Gratis artinya adalah bisnis affiliasi yang apabila kita mendaftar sebagai affiliater tidak dipungut biaya alias gratis. Kita hanya tinggal mendaftar, kemudian kalo sudah sesuai dengan syarat yang ditentukan maka keanggotaan kita diaktifkan, setelah itu kita harus action. Yaitu mempromosikan produk yang disediakan oleh pengelola. Apabila ada yang membeli atas rekomendasi kita, maka kita akan mendapat komisi sebesar yang telah ditetapkan dalam peraturan affiliasi.

Tips Memilih Bisnis Affiliasi | Untuk memulai terjun di bisnis affiliasi kita harus selektif dalam memilih bisnis affiliasi yang akan kita ikuti.
1.    Baca secara detail pertauran yang ditetapkan
2.    Produk apa yang mereka jual
3.    Berapa komisi yang diperoleh dari hasil penjualan
4.    Bagaimana cara pembayaran komisinya
Untuk pemula pilih produk yang banyak peminatnya, karena dengan demikian akan mudah kita mencari pembeli. Tapi kalau sudang mahir boleh deh kita memilih produk yang jarang peminatnya, karena biasanya, selain komisinya besar tingkat persaingan juga kecil. Selain itu yang sangat perlu diperhatikan adalah cara pembayaran komisi. Dengan cara apa mereka membayar kita. Karena ada banyak cara pembayaran yang dilakukan dalam bisnis online (rekening bank, paypal, alertpay, cek dll). Saya pernah melihat bisnis affiliasi Indonesia yang hanya menerima member yang memiliki rekening BCA, jadi kalau yang tidak memiliki rekening BCA kemudian mendaftar meskipun berhasil menjual keanggotaan akan segera dihapus. Hati-hati membaca TOS (Term Of Service).

Jenis-Jenis Bisnis Affiliasi
Untuk jenis-jenis afiliasi, berikut saya dapatkan referensi dari mas Cosa Aranda. Silakan dibaca :
1.      Pay Per Sales (PPS)
Pay Per Sales adalah jenis bisnis affiliasi tradisional dimana seorang affiliate, dalam hal ini adalah diri kita, akan mendapat komisi setiap kali produk atau layanan milik penyedia jasa affiliate terjual. Contoh program affiliasi yang termasuk dalam kategori ini adalah Amazon Associates (ebook panduan Amazon tersedia gratis di PanduanDasar.Com), Clickbank, dan PayDotCom.
2.      Pay Per Lead (PPL)
Pay Per Lead adalah jenis bisnis affiliasi dimana seorang affiliate akan mendapat komisi setiap kali ia berhasil mereferensikan orang lain untuk bergabung dengan program atau layanan tertentu. Contoh yang paling gampang adalah program Paypal Wishlist yang diselenggarakan oleh Paypal beberapa waktu yang lalu.
3.      Pay Per Action (PPA)
Pay Per Action (PPA) adalah jenis bisnis affiliasi dimana seorang affiliate akan mendapat komisi setiap kali ia berhasil mereferensikan orang lain untuk melakukan suatu kegiatan sesuai dengan yang disyaratkan oleh penyedia program affiliasi. ‘Kegiatan’ di sini biasanya bersifat spesifik dan memiliki parameter-parameter tertentu yang harus dipenuhi. Misalnya saja, mengisi survey, mengunduh software, dan sebagainya. Contoh program affiliasi jenis ini yang sedang naik daun adalah CPALead.
Meskipun tampak serupa, namun pada prakteknya masing-masing jenis bisnis affiliasi di atas membutuhkan keahlian tersendiri yang juga serupa tapi tak sama. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mengikuti sebuah program affiliasi, pelajari terlebih dahulu sistemnya dan pastikan bahwa kemampuan Anda sudah mencukupi. Ingat selalu ajaran Sun Tzu, bahwa jenderal yang bijak akan selalu berusaha untuk memperkuat pasukannya terlebih dahulu (secara fisik ataupun moral — sesuai kebutuhan) sebelum memutuskan untuk menyerang musuh.

Dari kutipan di atas yang paling disarankan untuk bisnis affiliasi gratis adalah Amazon dan ClinkBank. Untuk mengikuti bisnis affiliasi ini benar-benar gratis, anda tinggal daftar kemudian action. Tapi ingat, untuk mengikuti bisnis ini kita harus memiliki skill pemasaran online yang mumpuni.

Demikian artikel tentang bisnis affiliasi gratis dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat.

5 komentar:

  1. setahu saya program affiliasi yang banyak digunakan dalam bisnis online adalah PPS. affiliator akan mendapatkan komisi yang presentasenya lebih besar dari produsen jika produknya laku terjual.

    biasanya komisi yang ditawarkan juga gila2an, seperti 30% untuk affiliator - 70% untuk produsen.

    BalasHapus
  2. masih belom banyak pengetahuan tentang bisnis ginian sob,, hehhe,, masih perlu banyak belajar,, :)

    BalasHapus
  3. Informasi bisnis affiliasi gratis... sangat bermanfaat, thank for sharing... sob

    BalasHapus
  4. Sekedar Informasi nih, buat yang butuh tambahan modal

    pendaftaran gratis, bonus 25% payout Rp. 50.000

    Bisnis Affiliasi Script Iklan Baris

    BalasHapus

Silakan berkomentar sercara sopan dan relevan