10 Syarat Menjadi Menantu Kesayangan Mertua

Lowongan Kerja dan Peluang Usaha di bidang IT menanti keterampilan anda sebagai ahli teknisi komputer. Jadilah Teknisi Komputer Professional dengan memiliki Panduan Teknsisi Komputer Terlengkap dari Toko Ebook Online Terpercaya. Ayo gabung bersama Qbonk Media Group DI SINI.
Ingin menjadi menantu kesayangan mertua? Ingin menjadi menantu yang bisa dibanggakan oleh mertua? Setiap saat mertua akan membicarakan anda dengan penuh bangga. Di tempat arisan, saat kondangan, saat pengajian dimana dan kapanpun mertua akan menyanjung anda. Wow….

Pada dasarnya semua mertua itu sayang sama menantunya. Kalaupun tidak sayang, paling tidak ada rasa tidak enak, orang jawa bilang rikuh pekewuh. Yang mana ini menyebabkan mertua anda akan bersikap hati-hati pada anda. Takut-takut nanti akan menyinggung atau menyakiti perasaan anda.

Untuk membuktikan bahwa perkataan saya di atas benar, coba saya tanyakan pada anda syang sudah menikah. Apakah antara rentang waktu 1 minggu anda sudah diperlakukan tidak layak oleh mertua anda? Saya rasa tidak, kalaupun iya ada, mungkin jarang terjadi. Lalu mengapa setelah selang beberapa bulan atau beberapa tahun, sikap mertua menjadi berubah terhadap anda. Satu jawabannya, anda tidak memiliki syarat untuk menjadi menantu kesayang mertua.

Apa sih syarat menjadi menantu kesayang mertua? Ada 10 syarat yang harus anda penuhi. Simak di bawah ini.

BERIMAN
Dengan dasar yang satu ini, otomatis prilaku prilaku keseharian bisa terkendali, dan dimata calon mertua mendapat nilai tambah, asalkan yang dilakukan dengan ketulusan terutama soal ibadah. Maka kalau mau masuk kedalam keluarga yang patuh beragama, siap-siaplah untuk menyatu dengan tulus.

BERETIKA
Sudah pasti, masalah etika tidak boleh diabaikan begitu saja, apalagi ketika kita berada menyatu dengan keluarga mertua. Bersikap baiklah kepada semua anggota keluarga. Bertutur katalah dengan lemah lembut dan penuh kesopanan dengan mertua anda.

PENDENGAR YANG BAIK
Biasanya mertua akan bayak sekali mengatur dalam perjalanan rumah tangga kita yang baru belajar melangkah. Jangan berpikir negatif dulu, jangan menyebut mertua “Sok Nagtur” dan lain sebagainya. Bisa jadi itu adalah bentuk kasih sayang dan perhatian kepada anda, mertua juga sama dengan orang tua kandung kita, mereka ingin melihat anak-anaknya sukses dalam menjalani rumah tangganya. Makanya terkadang terkesan cerewet. Jangan anda hadapi dengan muka masam dan cerewet juga, tapi dengarkan apa yang mereka katakan dengan muka manis penuh perhatian.
BERPIKIR POSITIF
Nah, ini penting. Seperti saya sebutkan di atas, kita harus berpikir postif kepada mertua kita. Jangan semua yang dibicarakan dan dilakukan oleh mertua disalah artikan oleh kita.

HEMAT
Hemat, ini biasanya berkaitan dengan menantu wanita. Biasa, wanita identik dengan tukang belanja. Jadi, pandai-pandailah dan memenej keuangan keluarga. Mertua sangat senang melihat menantu yang hemat. Istilah jawa “laku prihatin” demi mempersiapkan masa depan.


ATENSI YANG TINGGI
Atensi, care atau perhatian. Tunjukkan pada mertua bahwa kita care pada mereka. Tidak hanya care pada istri atau suami saja, tapi juga kepada mertua kita. Ketika mereka sakit, tanyakan sakitnya apa, mau berobat keman dan lain sebagainya. Manakala kita dapat rejekin coba ajak mereka makan diluar, atau sekedar membelikan makanan kesukaan mereka. Hal yang kecil bisa berarti besar di mata mertua. Asal anda melakukannya dengan tulus.

JANGAN MENGATUR
Nah, ini yang palign penting. Jangan sekali-kali anda mengatur-atur adat atau kebiasaan keluarga mertua anda. Anda di ruamah orang tua kandung memiliki kebiasaan atau adat sendiri, tapi jangan memaksakan diri untuk membawa dan menanamkannya di keluarga mertua. Setiap keluarga memiliki kehormatannya sendiri-sendiri.

BERILMU
Apapun latar belakang pendidikan formal anda, masalah ilmu sangat penting dalam pergaulan, termasuk bergaul dengan mertua. Ilmu yang paling sederhana dipelajari yakni komunikasi. Cobalah berkomunikasi dengan semua orang, dengan memakai bahasa yang baik dan benar. Ilmu lainnya yang tak kalah pentingnya yaitu manajemen waktu, misalnya kapan anda harus kerja, santai termasuk bersilaturahmi dengan famili.


SETIA
Kesetiaan harus ditanamkan sejak dini, sehingga niat untuk berbuat penyimpangan bisa dihindarkan. Cobalah untuk terbuka dalam berkomunikasi, sehingga tak ada ganjalan, dan salah paham yang berbuntut ketidak percayaan, kecemburuan berlebih, dan tidak setia. Untuk menjadi setia perlu kesabaran, mengalah dan bersedia berkomunikasi secara terbuka, gamblang, jelas dan dewasa. Nah kalau anda pasangan setia pasti mertua akan ikut bangga pada anda.

TULUS
Apapun yang dilakukan selamanya harus dilandasi keihklasan. Jangan paksakan membantu sesuatu kalau terpaksa., apalagi untuk cari muka didepan mertua. Sebab cara ini lambat laum pasti ketahuan juga. Orang tua yang sudah berpengalaman pasti paham mana yang tulus dan mana yang basa-basi.

Nah itulah 10 syarat menjadi menantu kesayangan mertua. Kira-kira saya sendiri termasuk menantu yang disayang mertua atau bukan ya??? Hehehe….

2 komentar:

  1. bersikap apa adanya lebih baik bro.
    semua akan berubah menjadi lebih baik ketika mertua sudah bisa mengenal karakter kita yang sebenarnya dengan baik.

    yang penting bersikap baik dan tidak terlalu mengecewakan.

    BalasHapus
  2. Masukn yg positif...tp bgmna sikap kt ketika kt mrasa berusha mksmal mgkn..thdp mertwa n ipar..tp mrka msh sj tdk mmpnyai rsa pngertian yg tinggi...kdg kt kesal sendri..cth sprti ibu mtw yg py sift egois..pd saat kt bth bntuan tnga sj mrk enggan pdulli.sampe ak mrsa mls sm mrk.alsnya ak sprti krn ak sdang hml muda...jd cpt cape sdang aku hrs mengurus tko n org2 yg krj drmh reparasi.mksh

    BalasHapus

Silakan berkomentar sercara sopan dan relevan