Tips Mencari Lowongan Kerja Agar Terhindar dari Penipuan

Lowongan Kerja dan Peluang Usaha di bidang IT menanti keterampilan anda sebagai ahli teknisi komputer. Jadilah Teknisi Komputer Professional dengan memiliki Panduan Teknsisi Komputer Terlengkap dari Toko Ebook Online Terpercaya. Ayo gabung bersama Qbonk Media Group DI SINI.
Lowongan kerja adalah sebuah kebutuhan mendesak bagi sebagaian orang. Setiap tahunnya para pencari kerja bertebaran ke segala arah untuk mencari lowongan kerja. Sedangkan lapangan pekerjaan yang tersedia tidak mampu menyerap tenaga kerja yang berlimpah. Al hasil pengangguran semakin bertambah setiap tahunnya.

Kondisi ini oleh sebagian orang dimanfaatkan untuk mencari keuntungan pribadi. Dalam kata lain, kondisi ini merupakan peluang bagi pengangguran yang kreatif dan mau menghalalkan segala cara. Mengapa demikian?

Dalam acara Liputan 6 SCTV SIGI 3 Januari 2012 diungkap akan adanya sekelompok orang yang memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan para pencari kerja. Dengan modus menyediakan lowongan kerja mereka memperdaya para pencari kerja.

Begini modus selengkapnya.
Mereka memasang iklan lowongan kerja di media-media, baik cetak maupun elektronik termasuk internet. Ketika para pelamar kerja datang ke tampat, mereka akan dikenakan biaya antara 300.000 sampai dengan 500.000 dengan dalih mereka langsung diterima kerja tanpa melalui tes, sedangkan uang yang dibayarkan sebgai biaya pendidikan dan pelatihan (Diklat).

Yang menarik dari lapora SIGI tersebut, ternyata perusahaan abal-abal tersebut tidak menyalurkan para pelamar ke dunia kerja nyata melainkan kerja penipuan juga. Yaitu disuruh merekrut orang (pencari kerja) untuk bergabung bersama mereka dengan pemberian komisi setiap kali berhasil merekrut orang. Hmmm....sistemnya hampir mirip dengan bisnis online yang bertebaran di internet. Tapi bedanya kalau bisnis online jelas apa yang dijual, dan yang daftarpun sadar akan kondisi tersebut (sadar akan resiko dan tanggung jawabnya). Tapi kalau yang ini, para pencari kerja digiring secara tidak sadar masuk ke kandang macan. Hehehehe.....

Melihat kondisi di atas, maka saya buat tips untuk para pencari lowonga kerja agar terhindar dari penipuan seperti di atas atau yang serupa.

Tips Mencari Lowongan Kerja :
1.      Hati-hati dalam memilih lowongan kerja
Untuk mencari informasi lowongan kerja saat ini bukan perkara sulit. Banyak media yang menyediakan informasi lowonga kerja termasuk internet. Tapi banyak juga informasi lowongan kerja yang tidak jelas. Sebagai catatan saja, media yang memuat tidak bertanggung jawab terhadap isi iklan. Jadi kita harus benar-benar jeli dalam menerima atau membaca informasi lowongan kerja.
2.      Komptensi Kerja Harus Jelas
Yang dimaksud dengan kompetensi adalah jenis pekerjaan apa yang di tawarkan. Kerja bagian office (manager, kepala bagian, dll) atau bagian lapangan (sales marketing, surveyor, dll).
3.      Berapa Jumlah Tenaga Kerja yang Dibutuhkan
Biasanya, kalau yang masang iklan lowongan kerja adalah perusahaan terpercaya akan mencantumkan berapa tenaga kerja yang dibutuhkan.
4.      Syarat Komptensi yang Jelas
Syarat minimal pendidikan dan keterampilan harus jelas. Sehingga pelamar bisa memperkirakan apakah layak atau tidak melamar di bagian tersebut.
5.      Ada alamat dan nomor telp. / HP jelas
Iklan lowongan kerja mencantumkan alamat yang jelas dan nomor HP/ TLP kantor yang bisa dihubungi.
6.      Catat Idntitas Orang yang Menerima Anda
Ini sangat penting apabila nanti terjadi hal yang tidak diinginkan, maka kita bisa langsung mencari orang tersebut.
7.      Jangan Memberikan Uang untuk Alasan Apapun
Apabila pihak pencari tenaga kerja atau perusahaan membebankan sejumlah biaya, maka jangan mau. Silakan mencari pekerjaan lain saja.

Demikian tips mencari lowongan kerja agar terhindar dari penipuan. Semoga artikel ini bisa menjadi warning bagi anda para pencari kerja. Buat yang sudah mendapatkan pekerjaan, tekuni dan cintai pekerjaan anda, semoga sukses dengan pekerjaan anda. Amiin.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar sercara sopan dan relevan