Akankah Dunia Blogging Berakhir?

Lowongan Kerja dan Peluang Usaha di bidang IT menanti keterampilan anda sebagai ahli teknisi komputer. Jadilah Teknisi Komputer Professional dengan memiliki Panduan Teknsisi Komputer Terlengkap dari Toko Ebook Online Terpercaya. Ayo gabung bersama Qbonk Media Group DI SINI.
“Sudah sejak lama dunia blogging saya tinggalkan” Begitulah sepenggal kalimat yang saya rekam dari teman saya. Kini dia lebih asyik dengan Facebook dan Twitter. Ada beberapa alasan bagi dia mengapa meninggalkan dunia blogging (Blogspot dan Wordpress) kemudian beralih ke Facebook dan Twitter. Salah satunya adalah karena di facebook dan twitter lebih mudah mendapatkan teman dan yang ditulisnya pasti akan mendapatkan komentar banyak. Selain itu posting di facebook tidak memerlukan artikel-artikel yang panjangnya kaya rel kereta. Cukup satu atau dua kalimat maka berbagai komentar akan meramaikan statusnya. Maka dia juga bilang “dunia blogging secara perlahan akan ditinggalkan netter, dan akhirnya dunia blogging bangkrut”. Benarkah demikian???

Dalam perspekstif teman saya mungkin itu adalah benar. Karena dalam pengetahuan dia, blogging hanya sebuah diary yang berisi curhatan-curhatan yang harus mendapatkan komentar-komentar dan mendapatkan banyak teman melalui blogging. Maka kalau orientasi blogging hanya sebatas itu, jelas Facebook dan Twitter lebih cocok bagi dia.

Tapi kalau bagi orang-orang yang mempunyai orientasi lain dalam blogging. Dunia blog tetap akan tetap hidup dan semakin subur. Banyak orientasi-orientasi blogger yang akan menghidupkan dunia blogging. Mulai dari yang orientasinya untuk menambah pengetahuan, melatih kepiawaian dalam hal menulis sampai dengan orientasi ekonomi.

Yang paling membuat subur dunia blogging saat ini adalah orientasi blogging untuk mendapatkan keuntungan secara finansial. Banyak para blogger yang sudah terbukti sukses mendapatkan keuntungan secara finansial dari kegiatan bloggingnya.

Sebut saja salah satunya Raditya Dika yang sukses membukukan hasil tulisan-tulisannya di dunia maya. Namun tentunya bukan hanya dengan cara itu saja bisa meraih keuntungan dari dunia blogging. Ada banyak cara yang dapat kita pelajari dan tentunya dijalankan dengan ketekunan dan sepenuh hati dalam menjalankannya.

Bisnis-bisnis online yang menjual berbagai macam produk, mulai dari produk buku digital, software dan obat-obatan termasuk obat seks saat ini terus bermunculan meramaikan dunia maya Indonesia. Kebanyakan dari pengelola bisnis online ini menggunakan sistem viral marketing dan reseller. Tentu hal ini menjadi peluang bisnis tersendiri bagi para blogger. Dengan menyisakan waktu untuk menjadi marketing online, mendapatkan uang dari dunia mayapun bukan hal yang mustahil lagi.

Melihat dari fenomena tersebut jelas dunia blogging tidak akan berakhir, paling tidak dalam kurun waktu yang singkat. Kalau 30 tahun atau 50 tahun ke depan, entahlah??? Bagaimana dengan anda? Apakah anda sekarang masih menekuni dunia blogging atau meninggalkannya seperti teman saya di atas? Hmmm…semuanya kembali pada tujuan kita, untuk apa kita ngeblog.

4 komentar:

  1. selama masih ada orang yang ingin menulis, membagikan kreatifitasnya, dan gemar membaca, dunia blogging akan selalu hidup bro. :D

    BalasHapus
  2. sampai kapanpun saya akan tetap melakukan aktivitas ngeblog ini sobat, karena dengan ngeblog banyak ilmu yg saya dapat, dan selama saya masih bisa menulis dan berbagi ilmu, maka saya akan melakukannya sobat..

    Happy Blogging sobat...

    BalasHapus
  3. Ane kok terbalik ya gan??
    ane dulu yang suka facebook tapi perlahan2 meninggalkan FB karena asyik blogging...
    xixiii.....

    BalasHapus
  4. wakkwakwakaw
    boleh boleh tuh :D

    BalasHapus

Silakan berkomentar sercara sopan dan relevan