Informasi Sertifikasi Guru | Pengertian, Tujuan, Dasar Hukum dan Media Informasi Sertifikasi Guru

Lowongan Kerja dan Peluang Usaha di bidang IT menanti keterampilan anda sebagai ahli teknisi komputer. Jadilah Teknisi Komputer Professional dengan memiliki Panduan Teknsisi Komputer Terlengkap dari Toko Ebook Online Terpercaya. Ayo gabung bersama Qbonk Media Group DI SINI.
Sertifikasi Guru, sekarang Keyword Terkenal akan menyuguhkan informasi tentang sertifikasi guru. Apa saja sih informasi-informasi yang berkaitan dengan sertifikasi guru. Setiak ada tiga hal penting yang perlu diketahui, yaitu Pengertian, Tujuan dan Dasar Hukum dilaksnakannya sertifikasi guru. Selain itu saya juga menginformasi pada para guru peserta sertifikasi media apa yang biasa digunakan unutuk menyampaikan tentang hasil informasi sertifikasi guru.

Pengertian Sertifikasi Guru
Sertifikasi Guru adalah proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru. Sertifikan pendidik ini diberikan kepda guru yang telah memenuhi standar profesional guru. Guru profesional merupakan syarat mutlak untuk menciptakan sistem dan praktik pendidikan yang berkualitas.

Tujuan Sertifikasi Guru
Sertifikasi Guru bertujuan untuk :
  1. Menentukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran dan mewujudkan tujua pendidikan nasional
  2. Meningkatkan proses dan mutu hasil pendidikan
  3. Meningkatkan martabat guru
  4. Meningkatkan profesionalitas guru

Dasar Hukum Sertifikasi Guru
Dasar hukum dilaksanakannnya sertifikasi guru adalah Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosesn (UUGD) yang disahkan tanggal 30 Desember 2005.

Pasal yang menyatakannya adalah Pasal 8: guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.  Pasal lainnya adalah Pasal 11, ayat (1) menyebutkan bahwa sertifikat pendidik sebagaimana dalam pasal 8 diberikan kepada guru yang telah memenuhi persyaratan. 

Landasan hukum lainnya adalah Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan  Nasional, dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan yang ditetapkan pada tanggal 4 Mei 2007.

Media Informasi Sertifikasi Guru Kabupaten Cilacap
Para guru peserta sertifikasi baik itu melalui jalur Portofolio maupun PLPG dapat mendapat update informasi tentang sertifikasi dengan mudah melalui internet. Guru Peserta Sertifikasi yang masuk dalam Rayon 140 yang pelaksanannya dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Purwokerto bisa mendapatkan informasi dengan mudah via web resminya yaitu www.psgrayon140.org.

Namun ada disayangkan dari web ini, selain tampilan kurang menarik conten atau informasi kurang informatif. Salah satunya, web tersebut tidak hanya menampilkan satu artikel terbaru di home page, selain itu tidak disediakan arsip link-link artikel sebelumnya, sehingga menyulitkan guru yang mencari informasi sebelumnya, selain itu kita juga tidak dapat mengetahui informasi apa saja yang sudah disampaikan melalui web ini.

Itulah informasi sertifikasi guru yang dapat disampaikan oleh Keyword Terkenal, semoga bisa bermanfaat baik itu untuk guru maupun profesi lainnya, sehingga dapat menambah pengetahuan kita.

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berkomentar sercara sopan dan relevan