Ada Perbedaan Jadwal Puasa

Lowongan Kerja dan Peluang Usaha di bidang IT menanti keterampilan anda sebagai ahli teknisi komputer. Jadilah Teknisi Komputer Professional dengan memiliki Panduan Teknsisi Komputer Terlengkap dari Toko Ebook Online Terpercaya. Ayo gabung bersama Qbonk Media Group DI SINI.
Ada perbedaan jadwal puasa untuk tahun 1432 H. Perbedaan kali ini bukan terletak pada penentuan 1 Roamdhon.

Kalau tahun lalu umat muslim di Indonesia ramai sekaligus bingung karena ada perbedaan penentuan 1 syawal antara pemeritah (Kementerian Agama) dan salah satu Ormas Islam besar dan berpengaruh di Indonesia (Muhammadiyah), kali ini alhamdulillah penentuan 1 Romadhon tidak ada pebedaan. Seluruh umat muslim Indonesia serentak melaksanakan puasa Romadhon pada tanggal 1 Agustus 2011.

Perbedaan jadwal puasa yang terjadi kali ini adalah pada jumlah hari menjalankan ibadah puasa. Hal ini terlihat dari jadwal puasa yang dibagikan dengan sumber dari pemerintah dan jadwal puasa yang dibagikan oleh Muhammadiyah.

Jadwal puasa yang dibagikan degan sumber pemeritah genap 30 hari, sedangkan jadwal puasa yang dibagikan oleh Muhammadiyah hanya sampai tanggal 29 saja. Itu artinya kalau semisal tidak ada perubahan lagi dari pemerintah akan terjadi perbedaan pada penentuan 1 Syawah 1432 H.

Meskipun perbedaan anatara Pemerintah dan Muhammadiyah kerap terjadi, tapi tetap aja akan menimbulkan sedikit gesekan di tengah masyarakat. Tapi semoga dengan sering terjadinya perbedaan, bangsa Indonesia umat Islam pada khususnya semakin dewasa dalam menyikapi perbedaan.

Yang mau taat dengan putusan pemerintah taati dan laksanakan serta hormati yang tidak sepaham atau sejalan dengan yang taat dengan pemerintah, begitu juga sebaliknya. Tidak perlu memobilisasi massa untuk memperlihatkan bahawa keputusan yang diambilnya memiliki banyak pengikut.
Wallohu ‘alam….

1 komentar:

Silakan berkomentar sercara sopan dan relevan